Indonesian Road Trip. From Bali to Bandung for the BBQ Ride

ENGLISH (Bahasa Di Bawah)

Who doesn’t like a road trip? Dede Juntha, Deus family member and a self-proclaimed chopper fanatic thought that the best way to get from his home in Bali to the BBQ Ride event in Bandung Java was to ride there. No problem you might think, well think again. It’s a 925 kilometer ride and he was going to do it on his 165cc heavily modified Honda GL Pro.

The seventy click ride to the Bali port on Gilimanuk on the far west of the island was just a precursor to what would lie ahead. The port with its inevitable struggle with waiting, bureaucracy and the clamour of trucks is a non-negotiable aspect of the ferry crossing between Bali and Java.

Dede and his mate were finally able to burst off the boat shortly after it docked at Ketapang port on the eastern tip of Java, threading their way through the column of traffic as it headed first north then swerved west to run the gully between Mt Ijen and Mt Baluran, their route had them crossing mountain ranges, encountering mud roads, gravel paths, hairpin turns and the most dangerous of everything thrown at them, the ever present barrage of trucks. Six hundred kilometers and over nineteen hours later they were pulling into Yogyakarta.

Saddle sore was an understatement. But the ride wasn’t over, this was merely a pitstop. A place to refuel body and tank. It was also the place where they’d meet up with Manasi Ride before the final push on to Bandung. They weren’t alone. Hundreds of people across Indonesia were doing the same thing, heading to Bandung. The sole purpose was to spend the weekend with their comrade strangers, people who all shared the love of these craft they rode, or as we like to call it, ‘In Benzin Veritas’ Which is Latin for ‘In Petrol We Trust’.

The BBQ Ride isn’t just a show you attend, or the exhibition they hold, nor the bikes and cars on display in the Show & Shine. It’s not even the concert of bands that play on a continuous rotation throughout the weekend. Its essence, the germ it was born from is riding with your friends and their friends and their friends. So, it should come as no surprise to anyone that the weekend was full of rides.

The event organisers sent out word, everyone with a custom craft should meet at the Pickers Store in Bandung. Deus family riders, Sandi Maulana and Dede Juntha joined over three hundred others. Everyone lined up before flying up Summarecon Avenue on such an incredible variety of different motorcycles, creating this ‘rolling thunder’ that rumbled through the streets of Bandung in a procession that was both a little scary and incredibly enthralling.. It’s a hell of a way to create a start!

Our guys on the ground joined up with several other communities: Solace Motor with Pungky Mardhany and our friends, Manasi Ride with Haris Fatchurohman, and other groups from Malang, Tangerang, Bogor, and Jakarta to celebrate the brotherhood in the 2023 BBQ Ride event. After the cacophony of the revving engine pumped them up to adrenaline mode, the feeling eased as the city fell aware and was replaced by the euphoria you get from driving along winding country roads, through forests, parks, and villages. Pitstops were aplenty to take in the scenic spots, allowing time for shared stories, and perhaps most importantly, much needed coffee boosts.

This unique event brings together riders from across Indonesia marinating them in music and serving it up in a location that allowed us all to be who we are. Laughter was never far away as we waded through a few communally encountered challenges and collectively experienced some amazing riding, not to mention being able to check out some of the coolest custom bikes.

The whole weekend was made even more valuable by the knowledge we’d spent the entire time building community between enthusiasts and sharing our love of riding with others.

BBQ Ride, thanks for everything and we can’t wait for next year!

Sandi Maulana
Dede Juntha

Solace Motor

Pungky Mardhany

Manasi Ride
Haris Fatchurohman

 

BAHASA INDONESIA

Perjalanan Road Trip Indonesia. Dari Bali Ke Bandung Untuk BBQ Ride

Siapa yang tidak suka perjalanan road trip? Dede Juntha, bagian dari kami, keluarga Deus dan penggemar sepeda motor chopper yang ingin sampai ke acara BBQ Ride di Bandung Jawa dari rumahnya di Bali dengan mengendarai sepeda motor. Namun, jangan salah sangka. Perjalanan ini tidaklah mudah, karena jaraknya yang mencapai 925 kilometer dan ia akan melewati jalur yang penuh tantangan dengan sepeda motornya yang dimodifikasi khusus, Honda GL Pro 165cc.

Perjalanan dimulai dengan pemanasan selama 70 kilometer ke pelabuhan Bali di Gilimanuk di ujung barat pulau. Namun, tantangan sesungguhnya adalah saat penyeberangan feri antara Bali dan Jawa yang penuh perjuangan dengan menunggu, birokrasi, dan keributan truk yang tak terhindarkan.

Setelah berhasil sampai di pelabuhan Ketapang di ujung timur Jawa, Dede dan temannya meluncur dari kapal dan menempuh perjalanan ke utara, kemudian berbelok ke barat untuk melewati lembah antara Gunung Ijen dan Gunung Baluran. Rute perjalanan mereka menghadapi berbagai liku seperti menyeberangi pegunungan, jalanan berlumpur dan berkerikil, tikungan tajam, dan kondisi jalanan berbahaya lainnya seperti truk yang selalu mengintai. Setelah enam ratus kilometer perjalanan dan lebih dari delapan belas jam, mereka akhirnya tiba di Yogyakarta.

Rasa sakit di pantat sebenarnya adalah sebuah eufemisme. Namun, perjalanan ini belum berakhir; ini hanya sebuah tempat istirahat sejenak. Tempat untuk mengisi bahan bakar tubuh dan tangki. Ini juga tempat di mana mereka akan bertemu dengan Manasi Ride sebelum dorongan terakhir menuju Bandung dalam prosesi yang sedikit menakutkan dan sangat memukau. Mereka tidak sendiri. Ratusan orang di seluruh Indonesia melakukan hal yang sama, menuju Bandung. Tujuannya hanyalah untuk menghabiskan akhir pekan dengan teman-teman mereka, orang-orang yang semua berbagi cinta akan kerajinan yang mereka kendarai, atau seperti yang kami sebut, 'In Benzin Veritas,' yang merupakan bahasa Latin untuk 'In Petrol We Trust'.

BBQ Ride bukan hanya pertunjukan yang Anda hadiri atau pameran yang diadakan, juga bukan sepeda motor dan mobil yang dipajang di Show & Shine. Ini bukan konser band yang terus berputar sepanjang akhir pekan. Esensinya, sel inti dari mana ia lahir, adalah mengendarai dengan teman-teman Anda dan teman temannya dan teman teman temannya. Jadi, tidak mengherankan jika akhir pekan penuh dengan perjalanan.

Para penyelenggara acara telah mengirimkan pesan kepada semua orang untuk bertemu di Toko Pickers di Bandung. Pengendara Deus, Sandi Maulana dan Dede Juntha, bergabung dengan lebih dari tiga ratus orang lainnya. Semua pengendara berbaris sebelum membaur menuju Jalan Summarecon dengan berbagai jenis sepeda motor yang berbeda, menciptakan 'rolling thunder' yang menggelegar menyusuri jalan-jalan Bandung dalam prosesi yang sedikit menakutkan namun sangat seru. Ini adalah cara yang luar biasa untuk memulai!

Tim kami di acara bergabung dengan beberapa komunitas lain: Solace Motor dengan Pungky Mardhany dan teman-teman kami, Manasi Ride dengan Haris Fatchurohman, dan anggota komunitas lainnya dari Malang, Tangerang, Bogor, dan Jakarta untuk merayakan persaudaraan dalam acara BBQ Ride 2023. Setelah kegaduhan mesin yang menggelegar memompa adrenalin mereka, perasaan itu mereda sesaat dan digantikan oleh euforia yang didapatkan dari berkendara di jalan-jalan pedesaan yang berkelok-kelok, melalui hutan, taman, dan desa. Terdapat banyak tempat singgah untuk menikmati pemandangan yang indah, memberikan waktu untuk berbagi cerita, dan mungkin yang paling penting, pengikat keakraban: kopi.

Acara unik ini menyatukan para pengendara dari seluruh Indonesia yang dihibur dengan musik dan dipersembahkan di lokasi yang memungkinkan kita semua menjadi diri sendiri. Tawa tidak pernah hilang saat kami mengarungi beberapa tantangan yang dihadapi secara komunal dan secara kolektif mengalami beberapa kejadian yang luar biasa, belum lagi bisa melihat beberapa sepeda kustom paling menawan.

Seluruh akhir pekan menjadi lebih berharga menyadari bahwa kami telah menghabiskan waktu sepanjang waktu membangun komunitas antara para penggemar dan membagikan cinta kami terhadap pengendara dengan banyak orang.

BBQ Ride, terima kasih atas segalanya dan kami tidak sabar menantikan acara tahun depan!

 

GALERIA DE IMAGENS

COMPRE NOVIDADES